SEKILAS INFO
: - Saturday, 04-05-2024
  • 2 tahun yang lalu / PT Telkom Indonesia, Tbk senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. PT Telkom berharap kehadirannya, dapat menciptakan the best customer experience bagi pelanggan IndiHome dan kelas Industri Fiber Optik yang merupakan kerjasama PT Telkom dengan SMK Muhammadiyah 1 Lendah.
Muhieda Berbudaya Istimewa!

Ada yang baru di SMK Muhammadiyah 1 Lendah tahun ini. Apakah Anda sudah menemukan salah satunya? Yuk, kita lihat bersama …

Setelah mendapatkan ilmu dari diklat Pendidikan Berbasis Budaya di Hotel Burza Yogyakarta beberapa saat yang lalu, SMK Muhammadiyah 1 Lendah melaksanakan diseminasi yang melibatkan seluruh guru dan karyawan. Bagaimana pendidikan yang diatur kurikulum yang berlaku di sekolah harus memberikan ruang pelestarian budaya khususnya Yogyakarta didukung berbagai program pendukung lainnya. Hal ini merupakan sebuah konsekuensi dan tanggung jawab SMK Muhammadiyah 1 Lendah sebagai salah satu institusi pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebuah provinsi yang mempunyai keistimewaan khusus di negeri ini.

Untuk menjalankan amanah sebagai salah satu sekolah di daerah istimewa, SMK Muhammadiyah 1 Lendah menyusun dan memperbarui beberapa literatur dan administrasi yang dimiliki. Salah satu yang sangat terlihat adalah kop surat resmi yang digunakan. Berbeda dengan format tampilan sebelumnya, kop surat mulai tahun ini menampilkan tulisan SMK Muhammadiyah 1 Lendah yang disusun dengan aksara jawa. Bukan hal yang sulit untuk menyusun dan memulai penggunaan kop surat yang baru ini, mengingat penyusunan tulisan sudah dikonsultasikan ke beberapa pihak yang kompeten agar tidak salah. Dan secara administrasi, kop surat ini akan segera digunakan dalam persuratan yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Lendah.

Selain menyasar pada persuratan, implementasi Pendidikan Berbasis Budaya juga menambahkan berbagai fitur baru. Mulai dari diperdengarkannya lagu bergenre budaya Jawa pada pagi hari sebelum dimulainya kegiatan pembelajaran, penambahan literatur- literatur pendidikan budaya di setiap ruang dan penggunaan bahasa Jawa pada kegiatan tertentu bersamaan dengan hari khusus. Kegiatan- kegiatan tersebut melengkapi kegiatan pendukung implementasi pendidikan berbasis budaya yang sudah ada di SMK Muhammadiyah, dari sesi 5S pada saat siswa hadir di sekolah pada pagi hari, terlaksananya kurikulum Bahasa Jawa sebanyak 2 jam pelajaran untuk semua kelas semua jenjang dan lainnya.

Dengan terlaksananya implentasi Pendidikan Berbasis Budaya ini, SMK Muhammadiyah 1 Lendah berharap bisa menjadi salah satu satuan pendidikan yang konsisten menjaga nilai- nilai budaya luhur dan keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Muhieda memang Istimewa!

TINGGALKAN KOMENTAR

 

Alamat : Kutan Jatirejo Lendah Kulon Progo Yogyakarta 55663
Email : smkmuhieda@gmail.com

Pengumuman

Penerjunan PKL 2023/2024 tahap-2

Penarikan PKL Tahap 1 2023/2024

Berita lalu