SEKILAS INFO
: - Tuesday, 02-03-2021
  • 1 tahun yang lalu / SMK Muhammadiyah 1 lendah ditunjuk untuk melaksanakan program sekolah Model SPMI untuk membangun Budaya Mutu.
  • 1 tahun yang lalu / TIM HW SMK Muhammadiyah 1 Lendah berhasil mendapatkan juara 1 lomba Memasak pada acara Kemah HW Kwartir Kabupaten Kulon Progo dalam rangka Hari Raya Idul Adha
  • 1 tahun yang lalu / Penyerahan Mahasiswa Magang Universitas Ahmad Dahlan Wates Di SMK Muhammadiyah 1 Lendah, Senin 29 Juli 2019
Selamat hari Kanker Sedunia

Hari Kanker Sedunia jatuh setiap tanggal 4 Februari. Momen peringatan yang diprakarsai oleh Union for International Cancer Control (UICC) ini pun menandakan perhatian dan terwujudnya gerakan serta dukungan dunia dalam melawan kanker, penyakit yang disebut WHO sebagai salah satu dari 10 ancaman kesehatan di dunia.

Apa Itu Hari Kanker Sedunia?

Pada 4 Februari 2000, dalam acara World Summit Against Cancer for the New Millennium di Paris, lahirlah permulaan dari sejarah Hari Kanker Sedunia sebagai inisiasi UICC, organisasi internasional kanker paling besar dan tertua di dunia. 

Peringatan yang kemudian dirayakan tiap tanggal 4 Februari tersebut memiliki tujuan untuk mempromosikan riset kanker, pencegahan kanker, peningkatan pelayanan pasien kanker, kesadaran akan kanker, dan mendorong komunitas global untuk bersama-sama melawan kanker. 

Dampak Hari Kanker Dunia

Peringatan ini pun melahirkan gerakan yang besar. Hari Kanker Dunia telah membuka 997 acara di 113 negara, dan keterlibatan aktif 66 pemerintahan, sampai 700.000 lebih mention dari sosial media. Fakta Hari Kanker Sedunia ini juga diikuti banyak masyarakat dunia yang mulai merealisasikan langkah langsung terhadap kanker pada tahun lalu. 

Hal ini terlihat dari asosiasi bernama CANSA di Afrika Selatan yang membuka screening gratis untuk jenis kanker payudara dan prostat; di Amerika Serikat, seorang mantan pengidap kanker mempublikasikan buku anak tentang pengenalan kanker; di Slovakia, badan kanker nasional mengadakan seminar publik hingga menyediakan konsultasi dengan dokter dan pakar lainnya; dan di Indonesia diadakan workshop guna memberikan informasi, skill, dan pelatihan akan pencegahan dan deteksi awal dari kanker. 

Hari Kanker Dunia 2021

Pada tahun ini, Hari Kanker yang bertemakan “I Am and I Will” mengajak kita untuk berjuang bersama melawan kanker. Langkah yang kita lakukan akan membawa dampak yang besar kepada semua orang, dan hal ini tidak terbatasi dari mana kita berasal.

Target dan Langkah Hari Kanker Dunia

Target utama dari Hari Kanker Dunia adalah mengurangi angka kematian akibat kanker prematur dan kematian akibat penyakit tidak menular lainnya hingga 25% pada tahun 2025.

Adapun langkah yang perlu dilakukan untuk mencapai target tersebut di antaranya:

  • Riset dan data berkualitas tinggi.
  • Deteksi kanker dan diagnosis dini.
  • Perawatan yang tepat waktu dan akurat.
  • Peningkatan perawatan suportif dan paliatif yang meningkatkan kehidupan personal pasien kanker dan keluarganya, baik dari segi fisik, psikis, sosial, dan spiritual.

TINGGALKAN KOMENTAR

 

Video Terbaru

Archives

Statistik Pengunjung