SEKILAS INFO
: - Sunday, 20-09-2020
  • 1 tahun yang lalu / SMK Muhammadiyah 1 lendah ditunjuk untuk melaksanakan program sekolah Model SPMI untuk membangun Budaya Mutu.
  • 1 tahun yang lalu / TIM HW SMK Muhammadiyah 1 Lendah berhasil mendapatkan juara 1 lomba Memasak pada acara Kemah HW Kwartir Kabupaten Kulon Progo dalam rangka Hari Raya Idul Adha
  • 1 tahun yang lalu / Penyerahan Mahasiswa Magang Universitas Ahmad Dahlan Wates Di SMK Muhammadiyah 1 Lendah, Senin 29 Juli 2019
Kemping Hizbul Wathan 2019

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (disingkat HW) adalah salah satu organisasi otonom (ortom) di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah. Ortom Muhammadiyah lainnya adalah: ‘Aisyiyah, Nasyiatul ‘Aisyiyah (NA), Pemuda Muhammadiyah (PM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Tapak Suci Putera Muhammadiyah, dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).

HW didirikan pertama kali di Yogyakarta pada 1336 H (1918 M) atas prakarsa KH Ahmad Dahlan, yang merupakan pendiri Muhammadiyah. Prakarsa itu timbul saat dia selesai memberi pengajian di Solo, dan melihat latihan Pandu di alun-alun Mangkunegaran. Gerakan ini kemudian meleburkan diri ke dalam Gerakan Pramuka pada 1961, dan dibangkitkan kembali oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan SK Nomor 92/SK-PP/VI-B/1.b/1999 tanggal 10 Sya’ban 1420 H (18 November 1999 M) dan dipertegas dengan SK Nomor 10/Kep/I.O/B/2003 tanggal 1 Dzulhijjah 1423 H (2 Februari 2003)

HW berasaskan Islam. HW didirikan untuk menyiapkan dan membina anak, remaja, dan pemuda yang memiliki aqidah, mental dan fisik, berilmu dan berteknologi serta berakhlak karimah dengan tujuan terwujudnya pribadi muslim yang sebenar-benarnya dan siap menjadi kader persyarikatan, umat, dan bangsa.

Kamis (25/4/19) bertempat di dusun Kalak Ijo Guwosari Pajangan Bantul sebanyak 122 siswa – siswi kelas X SMK Muhammadiyah 1 Lendah Kulon Progo melaksanakan kegiatan camping bersama. Pelaksanaan camping kali ini terdiri dari 12 regu.

Daliyem, S.Pd selaku Kepala Sekolah dan Pembina Hizbul Wathan SMK Muhammadiyah 1 Lendah  menjelaskan bahwa tujuannya dilaksanakannya kegiatan ini untuk melatih siswa-siswi supaya mempunyai mental yang teruji, mengetahui kehidupan alam dan para siswa-siswi nantinya akan masak sendiri dengan perbekalan yang sudah disiapkan per kelompok dan nantinya disana mereka akan memanajemen bahan makanan untuk kelompoknya.

“Camping kali selain kegiatan survival juga ada kegiatan outbond, pentas seni “. “Para Pembina didampingi oleh siswa-siswi Dewan Ambalan yang sudah dibekali sebagai pendamping HW, kegitan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai dari hari Kamis-Sabtu, 25-27 April 2019.

#Kemping HW #kwardakp #smkmuhieda

TINGGALKAN KOMENTAR

 

Video Terbaru

Archives

Statistik Pengunjung